Samsung Mengeluarkan 1 Milyar Dollar untuk Penarikan Galaxy Note 7

Samsung Galaxy Note 7 meledak
Picture credit : AndroidAuthority

Samsung sedang dalam proses untuk menarik Galaxy Note 7 dari pasaran. Kepastian ini diperoleh setelah raksasa teknologi dari Korsel tersebut memastikan ada cacat dalam baterai yang bisa memicu ledakan. Akibat kejadian ini, Samsung harus mengeluarkan dana sekitar satu milyar dolar untuk penarikan gadget tersebut, demikian dikutip IBM Times

Sejauh ini Samsung sudah mengirim sekitar dua setengah juta unit Galaxy Note 7 kepada riteler dan pelanggan di seluruh dunia. Jumat lalu, mereka mengumumkan akan menghentikan penjualan dan memulai penarikan dan penggantian untuk customer dan rekanannya. Mengutip berita dari BGR, penggantian 2.5 juta unit Galaxy tersebut diperkirakan memakan biaya sekitar satu milyar dolar.

Samsung belum memberikan kepastian soal taksiran biaya tersebut, tetapi pimpinan unit mobile Koh Dong Jing mengatakan bahwa jumlah tersebut cukup mengejutkan, demikian dikutip Bloomberg. Sampai berita ditulis sudah ditemukan 35 kasus Galaxy Note 7 yang meledak akibat cacat baterai.

Walaupun Samsung menghadapi kerugian luar biasa besar dengan proses penarikan dan penggantian Galaxy Note 7 ini, Jumlah tersebut kurang dari 5 persen dari proyeksi pendapatan bersih perusahaan yang mencapai 20.6 milyar dolar untuk tahun 2016 seperti dikutip CultofMac.

Pemasok baterai untuk Galaxy Note 7 diharapkan ikut bertanggung jawab menanggung sebagian kerugian tersebut. Samsung SDI dan Apperex Technology Ltd adalah dua perusahaan yang menyuplai batere untuk Samsung Electronics. Suplier pertama memasok 70 persen baterai, sementara sisa 30 persen dipenuhi oleh pemasok kedua.

Awalnya Samsung berharap mampu mengirim empat sampai lima juta unit selama kwartal ini. Tambahan delapan sampai 9 juta unit direncanakan dikirim pada liburan winter mendatang. Penarikan Galaxy Note 7  ini diperkirakan menyebabkan turunnya penjualan sekitar tiga juta untuk kwartal ini.

Walaupun peristiwa ini dipastikan membawa akibat besar pada penjualan Samsung dalam kwartal ketiga. Tapi, dampak buruk jangka panjangnya tidak akan terlalu serius karena Samsung sangat tanggap menyelesaikan masalahnya. Namun, peristiwa penarikan Galaxy Note 7 yang tidak menguntungkan ini akan memberi keuntungan besar bagi pesaingnya – Apple. Karena produk mereka iPhone 7 dan iPhone 7 Plus diramalkan akan diumumkan minggu ini juga.

Silahkan tinggalkan balasan anda