Manfaat Ajaib Ketimun

Manfaat ketimun
Picture credit : Lingkaranmerah.com

Sobat pembaca gayagadget,

Anda pasti tahu dong, buah mentimun?

Gimana dengan manfaatnya? Mungkin beberapa dari pembaca ada yang tau. Yuuup, saya mendengar ada pembaca wanita yang teriak, “Untuk pembersih wajah!”.  Mbak yang kaus kuning tadi betul. Tapi, itu cuma salah satu manfaat dari ketimun. Banyak manfaat lain yang kita belum tahu, beberapa diantaranya mungkin sudah dibahas pada blog lain. Yang akan kita bahas hari ini adalah manfaat ajaib ketimun.

Buah ini biasa dibudidayakan dan masuk dalam famili Cucurbitaceae, walau namanya mirip kue cucur J tapi dia masuk dalam kelompok sayuran buah. Jika anda mencari bahan murah, mudah, dan tanpa efek samping untuk masalah kesehatan dan kecantikan, ini bacaan yang tepat untuk di-save.

Buah yang berasal dari Asia selatan ini, kini bisa dijumpai di seluruh dunia. Kandungan airnya yang melimpah, membuat ketimun punya peran luar biasa dalam menangani masalah dehidrasi dan kesehatan kulit. Disamping kaya kandungan vitamin dan mineral. Plus! sangat rendah kalori. Cocok banget nih,  buat yang lagi jalanin program diet.

Berikut adalah manfaat ajaib buah ketimun :

  • Mempertahankan kadar cairan tubuh

Buat anda yang tingal di kota besar seperti Jakarta, ketimun harus jadi makanan wajib dalam menu harian. Kandungan air dan elektrolit yang dimilikinya bisa menggantikan cairan tubuh yang berkurang karena proses dehidrasi. Buat anda yang bekerja diluar ruangan, coba tambahkan irisan ketimun dalam air minum.  Cara ini bisa mengurangi resiko tubuh kekurangan cairan.

  • Kesehatan kulit

Temukan Pengobatan untuk masalah kulit lainnya  : Mengatasi Masalah Kulit Secara Alami

Kulit yang sering kena paparan matahari cenderung mudah mengalami iritasi dan pembengkakan. Jika ini terjadi, anda bisa menempelkan irisan ketimun atau menggunakannya sebagai masker pada kulit yang bermasalah. Buah ini memiliki efek mendinginkan dan menenangkan.

Yang sering begadang dan telat tidur, ayo ngaku! Sering saat bangun dan bercermin, anda mendapati mata sembab dan layu.  Gak perlu risau dan galau. Selowwww aja, Sista. Si Dia gak akan mendapati mata bengkak dan layu lagi jika anda menyempatkan diri mengompres mata beberapa menit dengan irisan ketimun.

  • Baik untuk Diet

Anda yang senang ngemil tapi khawatir masalah berat badan, bisa mengambil manfaat ajaib ketimun ini. Buah hijau ini rendah kandungan karbohidrat, dengan kadar air mencapai 95 persen. Jadi cocok banget dikonsumsi guna mempertahankan rasa kenyang. Bebas dari resiko gangguan kesehatan dan perut buncit. Paling-paling anda lebih sering ke toilet. Ini juga baik bagi kesehatan ginjal dan saluran kemih.

Kandungan Vitamin dan Mineral

Sebelum lanjut, membahas manfaat ajaib ketimun. Yuk … kita cermati dulu berapa persen dari kebutuhan harian yang bisa didapat dari  kandungan Vitamin dan mineral dalam satu cangkir ketimun :

Vitamin

  • 11% Vitamin K
  • 4%    Vitamin C
  • 2%    Vitamin A
  • 2%    Vitamin B1
  • 2%    Vitamin B2
  • 2%    Vitamin B6

Mineral

  • 4% Manganese
  • 4% Magnesium
  • 4% Potasium
  • 2% Calsium
  • 2% Pantothenic Acid
  • 2% Folat
  • 2% Iron
  • 2% Phosporus
  • 2% Copper
  • 2% Zink

Ketimun juga mengandung Lignan yang dipercaya bisa mengurangi penyakit kardiovaskuler dan mencegah beberapa jenis kanker.

Setelah mengetahui kandungan vitamin dan mineral dari buah yang sering dianggap sepele ini, saya yakin anda tak akan melupakan ketimun dalam menu makan harian.

Kembali ke masalah manfaat ajaib ketimun tadi,

  • Kesehatan pencernaan

Manfaat ajaib ketimun selanjutnya adalah untuk kesehatan percernaan. Biji ketimun memiliki efek alami untuk mengurasi rasa sakit dan menyembuhkan sembelit.

Salah satu penyebab sembelit adalah kekurangan magnesium. Peran ketimun pada pengobatan sembelit adalah memberikan asupan magnesium ditambah kandungan elektrolit, yang terbukti manjur untuk masalah saluran cerna dan hidrasi.

  • Kesehatan Gigi dan Gusi

Kunyah … kunyah … kunyah

Buah ini segar dan kriuk untuk dikunyah. Proses mengunyah ini, membantu merangsang produksi kelenjar liur dan mengurangi keasaman mulut serta bakteri perusak. Ketimun juga efektif meredakan penyakit gusi.

Sariawan? Temukan Obatnya disini Obat Tradisional Sariawan

  • Melindungi Fungsi Otak

Penurunan fungsi otak biasanya terjadi pada usia lanjut. Kandungan flavanol pada buah ini bermanfaat untuk meningkatkan memori dan melindungi sel saraf. Para peneliti yang melakukan penelitian pada tikus percobaan menemukan bukti bahwa senya Flavanol dapat memberikan perlindungan progresif terhadap gangguan alzheimer

  • Penyembuh Alami untuk Sakit Kepala dan Migren

Mudah-mudahan Si Berby baca artikel ini karena dia yang paling sering ngeluh, “Saaakit pala berby  ….!”

Yups, ketimun adalah buah manjur penangkis sakit kepala dan migren. Selain karena kelelahan, stres, kurang gizi dan darah rendah, sakit kelapa sering terjadi karena kekurangan cairan tubuh. Kandungan magnesium dan kadar air dalam ketimun terbukti mampu meringankan gejala sakit kepala dan migren. Ketimun adalah obat alami yang sudah digunakan sejak jaman baheula untuk dua penyakit yang sering menyerang kepala ini.

  • Kesehatan tulang

Kecantikan akan kehilangan arti jika postur tubuh dikau kurang baik. Postur yang baik harus didukung oleh tulang yang sehat. Itu satu hal pasti. Ibarat bangunan tanpa rangka dan tulang besi yang baik, tubuh tak ‘kan mampu berdiri tegak jika tulang bermasalah.

Masalah tulang retak sering dihubungkan dengan kurangnya konsumsi Vitamin K. Salah satu sumber vitamin K adalah sayur dan buah-buahan, termasuk ketimun.

Satu cangkir ketimun bisa menyediakan 11% vitamin K yang diperlukan tubuh. Jumlah yang memadai untuk membantu penyerapan kalsium bagi kesehatan tulang.

  • Mencegah kanker

Manfaat ajaib ketimun yang terakhir dalam tulisan ini adalah mencegah kanker. Kandungan anti kanker pada senyawa Cucurbitacins dipercaya bisa mencegah sel kanker untuk hidup dan berkembang.

Sejauh ini belum ada terapi anti kanker yang menggunakan Cucurbitacins. Namun, beberapa percobaan awal pada kasus kanker menunjukkan hasil yang cukup menjanjikan.

Lindungi Ginjal Anda Sekarang : Menjaga Ginjal dengan Sehat dan Mudah

Sudah tau kan, jika ketimun menyimpan begitu banyak manfaat. Mulai dari masalah kulit yang sepele, pencernaan, sampe penyakit serius. Yuuuk, kita tambahkan ketimun sebagai menu makanan harian

Silahkan tinggalkan balasan anda