Indonesia Akan Dominasi Pasar E-Commerce Asia Tenggara

e-commerce Indonesia

Tulisan gayagadgets hari ini akan membahas seputar peluang bisnis online di Indonesia.

Peluang bisnis dalam ekonomi digital di Indonesia akan terus berkembang. Paling tidak akan lebih baik dari yang diharapkan.
Demikian laporan TechinAsia mengutip sebuah study yang dirilis Google dan Temasek. Menurut study tersebut Indonesia Akan Dominasi Pasar E-Commerce Asia Tenggara

Raksasa Internet Amerika dan perusahaan investasi Singapura – Temasek, merilis laporan seputar perkembangan industri Digital di Asia Tenggara bulan May lalu.

Dalam laporan yang dirilis minggu lalu, secara spesifik mereka menyajikan laporan khusus tentang masa depan industri ini di Indonesia.

Jumlah Penggunaan Internet

Kenaikan aktivitas online masyarakat Asia Tenggara meliputi kepemilikan gadgets dan akses internet termasuk Indonesia berkembang luar biasa cepat dan akan makin cepat dalam beberapa tahun ke depan. Kemungkinan  titik jenuh akan tercapai ketika sebagian besar masyarakat mendapatkan akses Internet.

Peluang apa yang bisa dipetik para pengusaha digital dari kondisi ini?

pengguna internet
Picture credit : Techinasia

Hal menarik bagi mereka tentu saja, berapa banyak orang dari pengguna tersebut yang melakukan belanja online dari situs situs biro jasa travel atau aplikasi transport online.

Hasil studi tersebut menarik dicermati, karena menyimpulkan data yang menjanjikan. Tahun lalu, 18 juta pengguna Internet di Indonesia masuk dalam kategori pembeli Online. Satu jumlah yang luar biasa. Satu fakta tak terbantahkan bahwa Indonesia Akan Dominasi Pasar E-Commerce Asia Tenggara.

Jumlah ini mewakili sekitar 7% dari total penduduk indonesia sekarang. Gambaran ini lebih optimis dari studi sebelumnya.

Study tahun 2014 yang dilakukan oleh SingPost memperkirakan, pembeli online cuma akan mencapai 8 juta pada tahun 2016.

Tersedia kesempatan besar untuk pebisnis Online sebelum angka tersebut mencapai titik jenuh. Proses ini diperkirakan akan berakhir lebih dari satu dekade, demikian laporan Google. Waktu yang sangat cukup untuk menggarap peluang ini, bahkan dengan angka pertumbuhan 21 persen sekalipun.

Peluang E-Commerce Indonesia

Studi tersebut secara khusus menyoroti empat sektor bisnis digital; e-commerce, situs travel online, aplikasi transport semacam gojek, juga iklan digital.

Pertumbuhan e-commerce
Picture Credit : Techinasia

E-commerce diramalkan masih akan menjadi primadona dan merupakan peluang terbesar. Pertumbuhannya diramalkan akan mencapai 39 persen per tahun.

Luarbiasa lagi, pada tahun 2025 Indonesia akan mendominasi aktifitas e-commerce di Asia Tenggara, dengan share sebesar 52% dari total keseluruhan transaksi.

Alasan utamanya tentu saja sangat mudah dimengerti, populasi penduduk Indonesia yang hampir separuh Asean. Faktor lainnya adalah faktor geographis Indonesia sebagai negara kepulauan. E-commerce merupakan peluang bisnis yang tidak mungkin dikecualikan
dalam distribusi barang di masa yang akan datang.

Bisnis wisata merupaan pasar potensial berikutnya. Tantangan terbesarnya adalah bagaimana untuk mendistribusikan bisnis ini ke seluruh wilayah. Pangsa pasar yang akan dikuasai Indonesia pada sektor ini tahun 2025 diproyeksikan mencapai 32 persen dari pasar Asteng.

Tidak beda jauh, peluang untuk aplikasi transport online di Indonesia pangsa pasarnya akan mencapai 40% dari seluruh aktivitas di Asia Tenggara.

Sangat menjanjikan, bukan? Jika Indonesia akan dominasi pasar E-Commerce Asia Tenggara nanti, langkah apa saja yang sudah anda lakukan?

Silahkan tinggalkan balasan anda