Ingin Sehat? Lakukan tujuh kebiasaan orang sehat

Kebiasaan sehat
Picture credit : Flickr

Rubrik kesehatan kita kali ini akan membahas tentang tujuh kebiasaan orang sehat

Jika saya tanya sepuluh orang, “Apakah anda ingin tubuh yang sehat?” semua pasti menjawab, “Pertanyaan macam mana pulak ini. Sudah pastilah gua pengen sehat!”

Pertanyaan berikutnya, “Apa yang sudah Anda lakukan untuk bisa sehat.?

Besar kemungkinan 60 persen tidak mampu memberikan jawaban positif. Mungkin mereka masih belum melakukan sesuatu. Alias cuma mimpi pengen sehat.

Bagaimana dengan anda?

Kesehatan tidak bisa diperoleh tanpa usaha. Butuh komitmen kuat untuk melakukan perubahan pola hidup. Dengan kata lain, diperlukan tekad sebesar gunung uhud dan kemauan kuat untuk melakukan perubahan. Baik fisik maupun sikap mental dalam hidup keseharian.

Rahasia hidup sehat itu sederhana, kok. Gak perlu semedi cari wangsit untuk tahu rahasianya. Cukup ikuti cara hidup orang-orang yang sehat. Naaaah … buat anda yang punya tekad memiliki tubuh sehat. Ini lho … Tujuh kebiasaan orang sehat.

Melakukan olahraga

Orang sehat tahu faham betul manfaat olahraga rutin bagi kesehatan. Kapal dibuat bukan untuk ditambat di dermaga, tapi guna berlayar mengarungi samudra. Demikian juga tubuh. Bukan semata untuk leha-leha sambil ngemil popcorn di sofa, tapi untuk usaha.

Tanpa olahraga, organ tubuh akan cepat lemah dan menurun fungsinya.

Yang terbisa olahraga tentu tahu betul manfaatnya. Menurunkan tekanan darah, memperbaiki kinerja jantung, membakar kalori dan lemak, juga menjaga kelenturan otot disamping banyak manfaat lainnya. Orang yang rajin olahraga juga bisa terhindar dari insomania, dan memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Tidur yang cukup dan nyenyak juga, merupakan satu hal yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Manfaat olah raga yang lain, terlalu banyak untuk disebut satu persatu. Beberapa diantaranya;
Menurunkan tekanan darah, memperbaiki kinerja jantung, membakar kalori dan lemak, menghidarkan diri dari insomania sekaligus meningkatkan kualitas tidur, menjega kelenturan otot.

Konsumsi makanan sehat

Apa yang anda makan saat makan makan siang tadi?

Jadwal kerja yang padat sering membuat kita lupa pentingnya makanan sehat. Banyak yang makan siang sekedar menghilangkan lapar. Sebagian memilih makanan enak. Fastfood banyak jadi pilihan karena cepat saji dan enak. Yang penting yummmmy, kata teman kantor saya.

Mereka yang sadar kesehatan selalu menghindari makanan dengan pengawet. Membatasi asupan makanan berlemak, makanan kemasan dan gula dan gula. Mereka juga tidak lupa untuk menambahkan asupan buah pada menu hariannya.

Makan yang baik dan bersih membantu mekanisme tubuh mendapat asupan gizi tanpa kandungan zat berbahaya.

Buat anda yang sibuk dan tak sempat menerapkan pola makan sehat. Sesibuk apapun kegiatan harain anda, cobalah untuk tetap menjalani tujuh kebiasaan orang sehat ini. Pikirkan untuk berlangganan katering makanan sehat ke kantor atau rumah. Katering menawarkan kenyamanan selain menjauhkan diri dari godaan fast food.

Kualitas tidur yang baik

Tidur yang cukup dan berkualitas adalah kebiasaan orang sehat berikutnya. Tubuh perlu istirahat untuk proses perbaikan sel dan penyembuhan. Hal ini bisa dicapai dengan istirahat malam yang cukup.

Sooo … kualitas dan kuantitas tidur yang cukup merupakan hal vital untuk kesehatan. Saat tubuh tidak ber-aktifitas, energi diarahkan secara optimal untuk proses penyembuhan dan re-generasi sel.

Istirahat malam juga berperan dalam mempertahankan berat badan karena memberikan kesempatan pada hormon pengatur rasa lapar untuk bekerja.

Adakah dari anda yang cenderung mudah lupa saat kurang tidur? Saya sering mengalaminya. Saat tubuh beristirahat penuh dalam tidur, jaringan otak tetap bekerja menguatkan diri dan menyimpan informsi penting dalam memori. Sekarang paham kan, mengapa kondisi kurang tidur menyebabkan sulit konsentrasi dan fokus.

Manfaat lain yang diperoleh dari tidur yang baik adalah; meningkatkan konsentrasi, menjaga stabilitas emosi, mengurasi depresi, menigkatkan kreatifitas

Jika kita sudah tahu manfaat tidur untuk kesehatan fisik dan mental. Lantas gimana caranya bisa istirahat dengan baik?

  •  Usahakan kamar tidur yang tenang dan nyaman. Alokasikan waktu untuk istirahat paling tidak satu jam sebelum tidur.
  •  Hindari paparan cahaya berlebih, terutama dari monitor komputer atau cahaya dari gadget dan perangkat elektronik.
  • Banyak yang melakukan yoga dan meditasi untuk membantu tubuh dan pikiran lebih relak. Kita yang muslim bisa shalat malam sebelum tidur seperti anjuran Rasulullah. Bukan Cuma akan lebih tenang, tapi terhindar dari mimpi buruk dan tambahan pahala.
  • Mandi Air hangat, minum susu sebelum tidur, jangan makan sebelum tidur, tidur pada jam yang sama.

Menjaga pola pikir seimbang

Kesehatan fisik sangat erat kaitannya dengan mental. Gak heran dong  …  jika orang yang memiliki sifat iri, dengki, pendendam dan sikap negatif lainnya lebih mudah sakit. Ini terjadi karena sikap tersebut memicu stres. Tekanan batin berlebih membuat imunitas menurun sehingga mudah terpapar penyakit.

Pola pikir adalah cara otak dan akal, menerima, memproses, menganalisa, dan mengambil kesimpulan pada tiap informasi yang masuk ke dalam panca indra.

Sulitnya, di era digital dan media sosial seperti sekarang, negative thinking lebih mudah menular. Walau tanpa interaksi tatap muka langsung – kita sering cemas, stres, dan tertekan saat membaca status, atau komen negatif di beranda medsos.

Baca Juga : Bahaya Gadget dan Media Sosial Untuk Keluarga

Orang sehat adalah mereka yang lebih banyak fokus pada hal positif. Mereka selalu memelihara keseimbangan mental dan menghindarkan diri dari kesedihan dan keputus-asaan.

Untuk menjalankan tujuh kebiasaan orang sehat itu, mulai sekarang mulailah memilih bacaan positif. Mencari hikmah dari tiap kejadian. Sekaligus terus berusaha memberikan kontribusi positif pada lingkungan. Salah satunya, dengan membantu orang lain sesuai kesanggupan kita.

Perlu diingat, pola pikir akan berakibat langsung terhadap hasil. Pola pikir positif berbuah positif, demikian pula sebaliknya.

Belajar mengelola stress

Gangguan imunitas, penyakit jantung, masalah berat badan, depresi dan kecemasan, kelainan jantung, dan kerontokan rambut, adalah sederet dampak buruk dari stres.

Jika tidak dikelola dengan baik, stres  dapat menyebabkan gangguan serius pada tubuh. Kortisol dan adrenalin yang terpicu saat stres sebetulnya berguna untuk memerangi bahaya saat keadaan darurat. Tapi, akan berakibat sebaliknya jika terlalu sering.

Satu dari tujuh kebiasaan orang sehat adalah kemampuan mereka mengelola stres. Mereka terus belajar menaklukkan tekanan. Latihan relaksasi, pernapasan, menulis jurnal, atau sekedar curhat bisa jadi sarana untuk mengusir stress.

Menjaga hubungan harmonis

Buat anda – makhluk bernama lelaki yang sejenis dengan saya, kadang tergoda untuk menyendiri, kan?

Begitulah kebiasaan pria saat didera masalah. Lebih sering menyendiri daripada keluar rumah dan curhat pada teman. Mulai sekarang, pertimbangkan untuk keluar rumah walau sekedar refreshing kalau galau melanda. Selooow aja, kawan.

Kebiasaan manusia sehat adalah menjalin hubungan baik dengan orang lain. Manusia adalah makhlus sosial, makanya sosialisasi mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan mental. Jika mental anda sehat, maka fisik akan mengikuti.

Interaksi sosial dijamin mampu meningkatkan mood dan kwalitas hidup. Bergaulah dengan lingkungan lebih sering, anda akan segera melihat perbedaannya. Salah satu manfaat silaturahmi adalah panjang umur.

Baca juga : Tejad kuat mengalahkan usia

Melakukan refreshing dan rekreasi

Rekreasi merupakan kebutuhan untuk me-recharge mental dan fisik.  Lakukanlah secara teratur, walau sekadar keluar rumah untuk menghirup udara pagi. Mereka yang peduli pada kesehatan sadar betul, bahwa refreshing dan rekreasi merupakan kebutuhan. Bukan sesuatu yang harus dipandang mewah.

Rekreasi dan perawatan diri akan menambah energi dan hasrat untuk menunjukkan bagian terbaik pada dunia.

Manfaat lain yang bisa didapat dari rekreasi adalah; Memperpanjang usia, memperbaiki kualitas hidup, Ikatan kekeluargaan yang lebih baik (Jika dilakukan bersama), menurunkan ketegangan, memperbaiki sel otak dan tubuh secara keseluruhan.

Perubahan sikap menuju pola hidup yang lebih baik terkadang berat karena banyaknya kebiasaan harian yang harus dirubah. Awali dengan langkah kecil hingga tidak dirasa sebagai beban dan akhirnya menyerah.

Ingatlah, sesuatu yang awalnya terasa sulit perlahan – seiring waktu akan terasa mudah dan jadi kebiasaan.

Itulah tujuh kebiasaan orang sahat dari saya. Bagaimana dengan anda?

Kebiasaan sehat apa saja yang sudah anda lakukan. Atau ada kebiasaan baik lain yang anda ingin tambahkan? Silahkan tulis komentar anda.

Silahkan tinggalkan balasan anda