Batere Alluminium-ion : Satu Menit Terisi Penuh

Baterei tahan lama
Batere Alluminium ion

Kalau anda termasuk orang yang sering putus asa karena batere gadgets atau smartphone habis di saat-saat penting, sekarang ada berita baik. Para Ilmuwan dari Universitas Stanford – Inggris, berhasil menemukan Baterei Alluminium-ion untuk gadgets dan smartphone yang bisa di charge cuma dalam waktu satu menit.

 Dalam waktu dekat, tipe baterei ini akan segera jadi sumber energi baru buat gadgets dan smartphone yang beredar di pasaran. Selain keunggulannya dalam hal pengisian cepat, batere ini dipandang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan  dua pendahulunya. Batere Alkaline dan Lithium-ion yang sekarang banyak digunakan.
Terobosan baru ini sedang   dikembangkan oleh para ilmuwan dari Universitas Stanford, Inggris. Dan dipandang sebagai  terobosan besar dalam bidang tekhnologi portabel. Demikian keterangan dari tim ilmuwan yang dimuat dalam jurnal ‘Nature’
Hasil uji coba menunjukkan,  batere sanggup terisi penuh cuma dalam waktu satu menit. Ini berpuluh kali lipat lebih cepat dari waktu yang dibutuhkan oleh batere tipe Lithium, yang memerlukan waktu berjam-jam untuk terisi penuh.
Batere Alluminium-ion ini menghasilkan dua voltase yang berbeda. Hal ini memungkinkan untuk menggantikan peran batere 1.5 AA alkaline biasa yang digunakan pada gadgets.  Termasuk remote control dan mainan anak-anak.
Sebelumnya, telah dilakukan beberapa penelitian awal dalam beberapa dekade. Tapi, belum  menemukan kombinasi bahan yang bisa menghasilkan voltase yang cukup melalui sel yang bisa diisi ulang ribuan kali. seperti yang ditemukan sekarang.
“Kita telah mengembangkan batere aluminium isi ulang yang dapat  menggantikan batere alkaline sekarang. Batere Alkaline dipandang berbahaya buat lingkungan, sementara  batere Lithium-ion yang banyak digunakan pada gadgets sekarang kadang terbakar.” ungkap Hongjie Dai – Profesor kimia di Universitas Stanford.”
“Ini pertama kalinya sebuah batere ultra-fast dari aluminium-ion dibuat dengan stabilitas ribuan kali  isi ulang,” tulis pengarang. Walaupun batere yang baru ditemukan tersebut, cuma sanggup menghasilkan daya separuh dari voltage yang dibutuhkan smartphone, para peneliti percaya bahwa pengembangan lanjutan pada bahan katodanya, dapat meningkatkan voltage dan kepadatan daya.

Sepertinya, para pengguna Gadgets akan lebih dimanjakan lagi dengan penemuan Batere Alluminium-ion penemuan baru ini. Kita tunggu saja hasil penelitian lanjutannya. Semoga bisa cepat dipasarkan

***

Berita dan gambar dari : wired.co.uk

4 thoughts on “Batere Alluminium-ion : Satu Menit Terisi Penuh

  1. Hahahah … thank you sudah mampir. Aku sering mampir ke blogmu malah gak pernah ninggalin jejak.
    Kalo mau otak-atik gampang kok. Tinggal masuk di template tinggal ganti kode HTML nya. Cuma mmg kdu rada PHP & CSS juga dikit/dikit dan jangan lupa backup.

Silahkan tinggalkan balasan anda