Pendaftaran SIM Card Baru Harus Dengan Sidik Jari

Pendaftaran SIM CardPendaftaran SIM Card baru harus dengan Sidik Jari. Ini baru saja diberlakukan di Pakistan. Usaha ini sebagai langkah untuk menghambat laju pelaku teror yang sering menggunakan hape sebagai pemicu bom.

Jika di Indonesia pendaftaran SIM baru cukup dengan nomor KTP dan cukup dilakukan online, terkadang malah dilakukan secara asal-asalan. Saudara-saudara kita di Pakistan sekarang, jauh lebih sulit untuk melakukan registrasi nomor SIM-nya.

Persayaratan ini tidak cuma berlaku untuk pemilik SIM baru. Pemilik nomor lama juga, diminta untuk melakukan verifikasi nomer telephone dan idenditasnya dengan sidik jari. Langkah ekstrim ini diambil dalam rangka mencegah tindakan teror yang terus meningkat di negara itu.

Baca Juga > ISIS Merekrut TKW di Hongkong

Dengan memperkenalkan upaya Pendaftaran SIM Card baru barus dengan sidik jari ini, pemerintah Pakistan berharap bisa lebih mudah melacak pelaku teror yang sering menjadikan telephone genggam sebagai alat pemicu bom. Koordinasi antara anggota teroris juga diharapkan bisa mudah terlacak.

Walau langkah ini memicu kontroversi dan dianggap melanggar hak sipil, Pemerintah tetap meminta masyarakat untuk melakukan daftar ulang nomornya dengan memberikan sidik jarinya. Batas waktu yang ditetapkan adalah sampai tanggal 13 April mendatang.

Masih diragukan jika metode ini bisa berhasil. Teroris bisa saja menggunakan SIM Card dari negara lain dan melakukan roaming dengan provider lokal di Pakistan jika diperlukan. Pada kenyataannya , masyarakat yang tinggal di perbatasan dengan Afghanistan lebih suka menggunakan provider telephone asing.

Mengingat  deadline yang sangat pendek, bisa jadi program pendaftaran SIM Card baru dengan sidik jari ini akan menimbulkan kesulitan baru. Sampai saat ini, terdapat lebih dari lima puluh juta SIM Card yang belum terdaftar. Sebagian besar diantaranya berasal dari masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan yang sulit terjangkau.

Bagaimana sikap anda, jika pemerintah Indonesia melakukan hal yang sama?

Photo Credit  : AP Photo/BK Bangash

One thought on “Pendaftaran SIM Card Baru Harus Dengan Sidik Jari

Silahkan tinggalkan balasan anda